Rekomendasi 4 Menu Buka Puasa Sehat Untuk Diet Di Bulan Ramadhan

5 Resep Menu Buka Puasa untuk Diet, Tetap Nikmat dan Mengenyangkan

Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia bagi umat Muslim, didalamnya terdapat banyak sekali keistimewaan-keistimewaan yang ada diantaranya setiap amal kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Di bulan Ramadhan terdapat kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap umat Islam, yaitu berpuasa. Puasa Ramadhan adalah puasa yang sangat dinantikan oleh seluruh umat Islam yang beriman di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Sebab, selain anugerah dari Allah SWT yang sangat besar pahalanya, ibadah puasa Ramadhan juga dari segi manfaat sangatlah banyak. Salah satu hal menarik dalam menunaikan puasa Ramadhan adalah kenikmatan diwaktu berbuka. Namun, tanpa disadari ternyata kebanyakan dari makanan untuk berbuka puasa merupakan makanan-makanan manis yang justru akan lebih cepat membuat berat badan bertambah.

Jika kamu sedang menjalani diet, namun tetap ingin menunaikan ibadah puasa dengan baik tentunya harus berbuka dan sahur dengan makanan yang tepat. Bulan puasa merupakan momen paling tepat untuk menjalani program diet. Kamu perlu menyiapkan menu diet yang tepat untuk berbuka dan sahur.

Berikut rekomendasi menu buka puasa untuk diet sehat untuk kamu yang akan menjalani program diet di bulan Ramadhan :

  1. Menggunakan Ikan Sebagai Lauk

Kamu bisa memilih salah satu jenis ikan favorit untuk dimasak menjadi menu buka puasa yang sehat dan lezat. Jenis ikan yang dianjurkan yaitu ikan salmon atau ikan tuna. Sebab, kedua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Cara memasak ikan juga harus diperhatikan. Karena kamu sedang diet, sebaiknya ikan diolah dengan cara dipanggang, dibakar, atau direbus. Tujuannya adalah untuk menghindari penggunaan minyak goreng yang banyak mengandung lemak. Namun, jika merasa ikan salmom atau tuna terlalu mahal, bisa menggantinya dengan ikan gurami atau mujair yang tentunya lebih murah harganya.

  1. Ganti Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Kamu memang harus menghindari mengkonsumsi nasi putih saat sedang menjalani program diet. Sebab, nasi putih lebih cepat dicerna oleh tubuh, didalamnya mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga beresiko meningkatkan glukosa dalam darah.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengkonsumsi beras merah sebagai hidangan pokok berbuka puasa. Nasi merah mengandung sumber karbohidrat komplek yang lebih lama dicerna oleh tubuh, sehingga kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama.

  1. Jangan Lupa Mengkonsumsi Makanan Berserat

Saat sedang diet, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan yang kaya akan serat sangat baik untuk kesehatan tubuh serta pencernaan. Kamu bisa mendapatkan makanan sumber serat terbaik dari sayur dan buah buahan. Bagi kamu yang sedang diet, jangan sampai lupa mengkonsumsi sayur dan buah disetiap kamu menyantap hidangan berbuka.

  1. Hindari Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Santan

Kamu yang sedang diet juga tidak boleh mengkonsumsi makanan bersantan. Sebab, santan mengandung lemak yang tinggi, sehingga bisa dengan mudah menaikkan kadar kolesterolmu. Jika kolesterolmu meningkat, maka hal tersebut juga akan turut menaikan tekanan darah serta kadar gula dalam darah. Makanan bersantan biasanya banyak ditemukan di hidangan takjil seperti kolak.

Tidak hanya itu, opor ayam juga merupakan lauk favorit pada saat bulan Ramadhan yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Hindari makanan-makanan lain yang mengandung santan, lemak, terutama yang pedas.

Menyiapkan menu buka puasa yang sehat untuk diet memang tidak semudah saat kamu sedang tidak menjalani program diet. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan juga usaha yang optimal.

 

 

Kamu Suka?
Tekan "Like", Pliss!

Ikuti di Twitter !