Manfaat Doa Nabi Yunus

Keutamaan & Manfaat Membaca Doa Nabi Yunus, Penyelamat dari Perut Paus

Doa adalah senjata orang Muslim. Selain itu, doa merupakan bentuk ikhtiar manusia untuk memohon sesuatu kepada Allah subhana wa Ta’ala. Doa menjadi kunci meminta pertolongan saat menghadapi cobaan. Doa juga menjadi salah satu penyebab terkabulnya suatu keinginan/hajat.

Hal ini termaktub dalam Al Quran Surah Al-Mukminun ayat 60 yang berbunyi :

Artinya : “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk nerka Jahannam dalam keadaan hina dina.”.

Dari sekian banyak doa, salah satunya adalah doa Nabi Yunus yang memiliki khasiat yang luar biasa. Doa ini dipanjatkan oleh Nabi Yunus ketika berada di dalam perut ikan paus.

Kisah Nabi Yunus

Saat sedang menjalankan misi dakwahnya sebagai seorang Nabi, Nabi Yunus menerima cobaan dari Allah subhana wa Ta’ala. Dimana, Nabi Yunus ditelan ikan paus dan terkurung hidup-hidup di dalam perut ikan raksasa selama beberapa hari.

Dalam kondisi yang sangat mencekam dan genting itu, ia menyadari bahwa tidak ada yang bisa menyelamatkan dirinya kecuali Allah subhana wa Ta’ala. Lalu doa Nabi Yunus pun memanjatkan doa yang berbunyi :

Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, inni kuntu minadz dzaalimiin.

Artinya : “Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan yang yang zalim.”

Selama 40 hari di dalam perut ikan Nabi Yunus tanpa henti-henti untuk meminta ampunan dari Allah. Karena kesungguhannya, akhirnya Allah mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut ikan tersebut.

Manfaat Doa Nabi Yunus

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa doa Nabi Yunus memiliki manfaat yang cukup dahsyat. Sehingga tidak heran kalau banyak ulama yang mengamalkan doa Dzun Nun ini.

Dalam kitab Abwab al-Faraj Syekh Sayyid Muhammad bin al-Alawy al-Maliky al-Hasani mengungkapkan bahwa para ulama dan wali ada yang membacanya 40 kali usai melaksanakan sholat subuh tanpa terputus sama sekali. Selain itu, ada juga yang membaca 1000 kali setial hari.

Lalu apa saja manfaat doa Nabi Yunus?

  1. Keinginannya Dikabulkan Allah

Seorang Muslim yang memanjatkan doa Nabi Yunus ini niscaya keinginannya akan dikabulkan oleh Allah Azza wa Jalla. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah : Laa ilaaha illaa anta, subhaanaka, inni kuntu minadz dzaalimiin.

Artinya : “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan yang zalim.” Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. At-Tirimidzi).

  1. Mendapat Ampunan Allah

Doa Nabi Yunus berisi taubat dan permintaan ampunan kepada Allah subhana wa Ta’ala atas semua kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Jadi, dengan membaca doa inim niscaya Allah Ta’ala akan menerima taubat umat Muslim, selama dilakukan dengan bersungguh-sungguh.

  1. Mendapat Pahala Orang Mati Syahid

Dalam sebuah riwayat al-Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash disebutkan bahwa jika seseorang membaca doa ini 40 kali ketika sakit, lalu meninggal dunia, maka ia akan mendapat pahala orang yang mati syahid.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang manfaat doa Nabi Yunus. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Kamu Suka?
Tekan "Like", Pliss!

Ikuti di Twitter !