Bandingin Layanan Pinjaman Online dari KrediFazz vs Pendanaan

Ketika mau menggunakan layanan pinjaman online cepat cair bayar bulanan, menurut saya, penting bagi kita untuk aware dan mencari tahu sebanyak-banyaknya tentang layanan tersebut. Bukan cuma itu, kalo bisa dan ada waktu, bandingin juga layanannya dengan layanan pinjaman lain yang sejenis. Sebab, kalo bisa dapet yang bunganya rendah, ngapain juga harus pinjam uang ke fintech yang bunganya tinggi. Ya kan?

Tapi, saya pun paham. Bandingin layanan pinjaman online bukan urusan gampang. Apalagi kalo kondisinya kita lagi kepepet banget nih perlu pinjaman segera. Yang ketemu di Play Store atau depan mata, biasanya langsung disikat aja. Padahal belom tau itu fintech legal atau enggak, bunganya gimana, dan lain-lain. 

Kalo kebetulan kamu mampir ke tulisan ini, saya asumsikan kamu punya cukup waktu buat ngeliat review dan perbandingan layanan pinjaman online. Maka dari itu, saya mau ngulas pengalaman saya ngebandingin layanan pinjaman online. Khususnya KrediFazz dan Pendaaan, dua fintech yang sudah terdaftar di OJK dan sempat saya temuin pas mau pinjam dana online. 

Apa beda dari kedua fintech ini?

Jenis pinjaman yang ditawarkan KrediFazz vs Pendanaan

KrediFazz dan Pendanaan adalah dua fintech yang menawarkan satu jenis pinjaman, yaitu pinjaman online cepat cair bayar bulanan. Beda sama fintech lain yang punya satu sampai dua jenis pinjaman, misal: pinjaman konsumtif dan pinjaman produktif, dua fintech ini fokus pada satu jenis pinjaman yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kalo kamu males ribet dan pusing sama jenis pinjaman yang macem-macem jenisnya, KrediFazz atau Pendanaan bisa jadi opsi terbaik. 

Bedanya besaran limit pinjaman, bunga, dan tenor pinjaman di KrediFazz vs Pendanaan

Di KrediFazz, kita bisa pinjam dana mulai dari yang kecil yaitu 100 ribu sampai dengan Rp 3 juta. Untuk tenor pembayarannya adalah 1 bulan atau 30 hari sejak tanggal pinjaman disetujui atau dicairkan. Sementara suku bunganya, KrediFazz mematok sebesar 9% per bulan atau sekitar 0,3% per hari. 

Di Pendanaan, berdasarkan informasi yang saya temukan di situsnya, limit pinjaman terendah yang bisa diajukan adalah 500 ribu sedangkan yang tertinggi adalah Rp 5 juta. Tenor pengembalian yang tersedia juga sama dengan KrediFazz yaitu 30 hari dan pembayarannya penuh. Belum tersedia opsi cicilan. 

Sayangnya, suku bunga yang ditawarkan Pendanaan lebih tinggi dibanding KrediFazz. Di mana untuk pinjaman terendahnya yaitu 500 ribu, persentase bunga per harinya adalah 0,80% atau hingga 24% per bulan. Ditambah adanya biaya lain-lain sebesar Rp 120 ribu. Untuk pinjaman tertingginya yaitu Rp 5 juta, persentase bunga per harinya turun menjadi 0,55% tapi tetap lebih rendah yang dimiliki KrediFazz. Belum ditambah biaya lain-lain yang mencapai hingga Rp 825 ribu. 

Di KrediFazz, biaya lain yang menyertai pinjaman hanya biaya administrasi sebesar 6% dari total pinjaman. Contohnya, saya pinjam uang sebesar Rp 1 juta di KrediFazz. Maka biaya admin yang dipotong dari total pencairan hanya Rp 60 ribu. Sehingga, uang pinjaman yang saya terima adalah Rp 940 ribu. Sementara uang yang harus saya kembalikan adalah jumlah pinjaman pokok ditambah bunga sebesar Rp 90 ribu kurang lebih menjadi Rp1.090.000. 

Dari perbandingan ini, yang lebih cocok untuk kantong pribadi saya adalah KrediFazz karena bunganya lebih rendah dan biaya-biaya lainnya sangat terjangkau jika dibandingkan dengan Pendanaan.

Bedanya syarat dan cara pengajuan pinjaman di KrediFazz vs Pendanaan

Dari sisi syarat dan cara pengajuan pinjaman, KrediFazz dan Pendanaan tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan. Sama seperti fintech pada umumnya, kedua fintech ini punya syarat dan cara pengajuan pinjaman yang mudah. 

KrediFazz memiliki tiga syarat utama yang harus dipenuhi: 

  1. Pendaftar atau peminjam adalah WNI berusia 18 – 60 tahun. 
  2. Memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili d Indonesia. 

Sementara Pendanaan, juga memiliki tiga syarat utama yang harus dipenuhi: 

  1. Pendaftar atau peminjam berusia 18 – 50 tahun. 
  2. Punya pekerjaan tetap. 
  3. Punya nomor HP yang aktif digunakan. 

Untuk KrediFazz, kamu bisa mengunduh langsung aplikasinya lewat Google Play Store. Sementara untuk Pendanaan, aplikasinya bisa diunduh melalui situs resminya berupa file apk dan sejauh informasi yang saya cari, belum tersedia di Google Play Store. Kurang tau apa alasan belum tersedianya aplikasi Pendanaan di Google Play Store. 

Kalo saya sendiri agak kurang percaya dan khawatir dengan file aplikasi sejenis ini. Supaya lebih aman, saya sih saranin untuk memilih dan mengunduh langsung aplikasi pinjaman online yang tersedia di laman resmi Google Play Store atau App Store. Ini bisa menghindari hal-hal merugikan seperti adanya virus yang terdownload bersama file apk, dan lain-lainnya. 

Kamu Suka?
Tekan "Like", Pliss!

Ikuti di Twitter !