Serba-serbi Tokopedia Paylater: Daftar hingga Cara Bayar

Belanja Online Makin Mudah dengan Tokopedia Paylater

Sebagai salah satu e-commerce unggulan & teratas di Indonesia, Tokopedia kerap melakukan update dan beragam inovasi untuk semakin meningkatkan pengalaman penggunanya saat berbelanja. Tokped, begitu biasanya orang atau konsumen loyal yang berbelanja di Tokopedia menyebut e-commerce berwarna hijau satu ini. 

 

Sekarang, bukan cuma bisa beli barang fisik, di Tokopedia segala jenis transaksi sudah bisa dilakukan. Mulai dari transaksi PPOB seperti pulsa, paket data, atau token listrik, hingga bayar asuransi, beli tiket pesawat, kereta api, hotel, sampai tiket bioskop, juga bisa dilakukan dengan mudah di Tokopedia. 

 

Bukan cuma keberagaman variasi transaksinya, Tokopedia juga menghadirkan berbagai metode pembayaran untuk penggunanya. Salah satunya adalah pembayaran Tokopedia paylater, yang menggandeng berbagai merchant fintech ternama di Indonesia seperti Kredivo

 

Dengan kata lain, pengguna Tokopedia kini bukan hanya yang punya kartu kredit aja yang bisa cicilan. Konsumen yang mau cicilan tapi nggak punya kartu kredit, kini juga bisa memanfaatkan layanan paylater yang tersedia di Tokopedia. 

 

Bagaimana caranya? Nah, berikut ini, ulasan serba-serbi Tokopedia paylater yang perlu kamu tahu. Mulai dari cara daftar hingga cara bayar. 

 

Tentang Layanan Tokopedia Paylater

Tokopedia paylater adalah sebuah layanan kredit berbasis online yang disediakan oleh Tokopedia dengan bekerja sama dengan berbagai paylater yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Kredivo. Layanan ini disediakan oleh Tokopedia untuk semakin mempermudah konsumen berbelanja dan mendapatkan akses cicilan. 

 

Cara pilih dan registrasi layanan Tokopedia paylater yang pas buatmu

Selain Kredivo, Tokopedia juga memiliki berbagai opsi paylater lainnya yang bisa kamu pilih. Biasanya, setiap layanan paylater memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda satu sama lain. 

 

Misalnya, Kredivo menerapkan tiga syarat utama yang harus dipenuhi sebelum mendaftar: 

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun. 
  2. Punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin, dan Pontianak.

 

Jika kondisimu pas dengan tiga poin di atas, kamu bisa langsung mendaftar akun Kredivo via aplikasinya. Unduh di Google Play Store atau App Store, kemudian ikuti instruksi pendaftaran yang diberikan. Namun, apabila kamu tidak memenuhi tiga syarat di atas, kamu bisa memilih opsi paylater lain yang syaratnya lebih cocok dengan kondisimu. Dengan begitu, kesempatan pendaftaranmu disetujui akan makin besar. 

 

Saat pendaftaran paylater sudah disetujui dan sudah menerima limit, barulah setelah itu, kamu bisa menggunakannya untuk bertransaksi di Tokopedia. 

 

Cara aman gunakan Tokopedia paylater untuk transaksi

Apabila akun paylater kamu sudah aktif, ini artinya kamu bisa bertransaksi langsung sesuai kebutuhan di Tokopedia. 

 

Cara transaksinya cukup mudah dan sama dengan cara transaksi belanja online pada umumnya. Pilih barang yang kamu inginkan dan bandingkan harga dari seller satu ke seller lain. Setelah itu, masukkan barang ke keranjang. 

 

Jika kamu tertarik menggunakan opsi cicilan dengan tenor pakai paylater, transaksi kamu wajib memenuhi transaksi minimal sesuai persyaratan. Dengan Kredivo, cicilan 0% untuk tenor 3 bulan misalnya, berlaku untuk minimal transaksi sebesar 500 ribu. Sementara jika transaksi di bawah 500 ribu, kamu bisa pilih opsi bayar dalam 30 hari, tanpa dikenakan bunga. 

 

Ada juga opsi cicilan dengan tenor lebih panjang, sampai 12 bulan, hanya dengan suku bunga sebesar 2.6%. Minimal transaksinya sama dengan cicilan 0%, yaitu 500 ribu. 

 

Setelah memilih cicilanmu, selesaikan transaksi dengan login dan verifikasi menggunakan OTP. Supaya aman, jangan pernah meminjamkan data akun paylatermu atau memberikan akses OTP ke pihak manapun, ya. 

 

Cara bayar cicilan Tokopedia paylater dengan mudah

Sudah selesai transaksi? Maka kamu bisa melihat detail transaksimu di bagian histori transaksi Tokopedia maupun aplikasi paylater yang kamu gunakan. 

 

Jika menggunakan Kredivo, kamu bisa mengecek pada menu “Histori Transaksi”. Di sanalah, detail transaksimu tercatat mulai dari jumlah, tanggal, angsuran yang harus dibayar atau jumlah tagihan, hingga tanggal jatuh temponya. 

 

Beberapa hari jelang waktu tempo, kamu juga akan menerima notifikasi untuk pengingat pembayaran. Kamu bisa mengeklik notifikasi ini, lalu pilih transaksi yang ingin dibayarkan. 

 

Nantinya, akan ada opsi pembayaran yang muncul. Mulai dari dengan Virtual Account seperti BCA, Mandiri, atau Permata. Ada juga pembayaran via e-commerce, hingga pembayaran via retail seperti Indomaret dan Alfamart. 

 

Klik opsi pembayaran yang kamu inginkan, nantinya kamu akan melihat detail instruksi cara pembayaran menggunakan metode yang kamu pilih. 

 

Ikuti instruksi tersebut hingga transaksimu dinyatakan lunas. Setelah lunas, detail transaksi akan tercatat pada histori transaksi dan limit kreditmu akan kembali atau bertambah jumlahnya. 

 

Gimana, tertarik pakai Tokopedia paylater? Yuk, cobain sekarang. 

Kamu Suka?
Tekan "Like", Pliss!

Ikuti di Twitter !